Bibliografi Beranotasi dari Jurnal Ilmiah
Apa itu Bibliografi Beranotasi dari Jurnal Ilmiah ?
Bibliography
Anotasi
Bibliografi 1
Agustina, Zuliana
Agustina, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, dan Fine Reffiane. (2023). ANALISIS
FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BACA SISWA KELAS III DI SDN PETERONGAN KOTA
SEMARANG. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Volume 09 Nomor 02,
14. Retrieve from https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1147
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan
rendahnya minat baca pada siswa kelas III di SDN Peterongan. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Diketahui
terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi minat baca siswa.
Faktor internal antara lain rendahnya kemampuan intelegensi siswa, rendahnya
kemampuan literasi baca-tulis siswa, minat
belajar siswa masih kurang, rendahnya motivasi belajar siswa. Adapun faktor
eksternal yang mempengaruhi minat baca siswa yaitu diantaranya kurangnya
perhatian dari orang tua, faktor ekonomi, faktor lingkungan. Hasil analisis
menunjukkan lebih banyak anak yang malas membaca daripada anak yang suka
membaca. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor
internal yang berasal dari dalam dirinya sendiri yaitu faktor minat dan
kesadaran. Selain itu, faktor eksternal juga berpengaruh yaitu faktor
keluarga, lingkungan sekitar dan faktor teman. Peran orang tua dan guru juga
ikut mempengaruhi.
Anotasi
Bibliografi 2
Utami, Rizki
Desta, Dwi Cahyadi Wibowo, dan Yudita Susanti. (2018). ANALISIS MINAT MEMBACA
SISWA PADA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BELITANG. Jurnal
Pendidikan PerKhasa Volume. 4. Nomor. 1, 10. Retrieve from https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/22
Penelitian
ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana minat membaca pada
siswa, upaya yang digunakan untuk mengembangkan minat membaca, dan faktor
pendukung dan penghambat minat membaca pada siswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah mix metode. Minat membaca siswa Sekolah Dasar Negeri 01
Belitang tahun ajaran 2016/2017 sangat kuat dan baik. Faktor pendukung minat
membaca siswa adalah kemampuan anak, alat peraga, buku-buku yang menarik,
tempat atau suasana yang menyenangkan, serta adanya dorongan atau motivasi
dari lingkungan mengenai pentingnya membaca. Faktor penghambat minat membaca
siswa adalah guru kurang menguasai metode yang dapat menumbuhkan minat
membaca siswa, rasa malas yang dimiliki sebagian siswa, serta kurangnya
pemahaman siswa akan pentingnya membaca. Adapun upaya yang dilakukan untuk
menumbuhkan minat membaca siswa, adalah menumbuhkan minat membaca siswa ialah
dengan cara membuat susasana yang kondusif dalam membaca, buku bacaan yang
menarik serta sesuai sama apa yang diinginkan oleh siswa, serta peran orang
tua dan guru
Komentar
Posting Komentar