Bibliografi Beranotasi dari Jurnal Ilmiah

 

Apa itu Bibliografi Beranotasi dari Jurnal Ilmiah ?

Singkatnya pengertian bibliografi beranotasi adalah sebuah daftar pustaka sebuah jurnal ilmiah yang memuat ringkasan penelitian. Biasanya dibuat oleh pustakawan di perpustakaan pergurun tinggi dengan kebutuhan informasi penelitian yang tinggi. Pustakawan dapat membuat daftar jurnal-jurnal ilmiah dengan memuat isi ringkasan dari jurnal ilmiah tersebut. Sehingga, pengguna dapat dengan cepat mengetahui isi penelitian.

Bibliography

 

Anotasi Bibliografi 1

Agustina, Zuliana Agustina, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, dan Fine Reffiane. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BACA SISWA KELAS III DI SDN PETERONGAN KOTA SEMARANG. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Volume 09 Nomor 02, 14. Retrieve from https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1147

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya minat baca pada siswa kelas III di SDN Peterongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Diketahui terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi minat baca siswa. Faktor internal antara lain rendahnya kemampuan intelegensi siswa, rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa,  minat belajar siswa masih kurang, rendahnya motivasi belajar siswa. Adapun faktor eksternal yang mempengaruhi minat baca siswa yaitu diantaranya kurangnya perhatian dari orang tua, faktor ekonomi, faktor lingkungan. Hasil analisis menunjukkan lebih banyak anak yang malas membaca daripada anak yang suka membaca. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor internal yang berasal dari dalam dirinya sendiri yaitu faktor minat dan kesadaran. Selain itu, faktor eksternal juga berpengaruh yaitu faktor keluarga, lingkungan sekitar dan faktor teman. Peran orang tua dan guru juga ikut mempengaruhi.

 

Anotasi Bibliografi 2

 

Utami, Rizki Desta, Dwi Cahyadi Wibowo, dan Yudita Susanti. (2018). ANALISIS MINAT MEMBACA SISWA PADA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BELITANG. Jurnal Pendidikan PerKhasa Volume. 4. Nomor. 1, 10. Retrieve from https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/22

            Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana minat membaca pada siswa, upaya yang digunakan untuk mengembangkan minat membaca, dan faktor pendukung dan penghambat minat membaca pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah mix metode. Minat membaca siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang tahun ajaran 2016/2017 sangat kuat dan baik. Faktor pendukung minat membaca siswa adalah kemampuan anak, alat peraga, buku-buku yang menarik, tempat atau suasana yang menyenangkan, serta adanya dorongan atau motivasi dari lingkungan mengenai pentingnya membaca. Faktor penghambat minat membaca siswa adalah guru kurang menguasai metode yang dapat menumbuhkan minat membaca siswa, rasa malas yang dimiliki sebagian siswa, serta kurangnya pemahaman siswa akan pentingnya membaca. Adapun upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan minat membaca siswa, adalah menumbuhkan minat membaca siswa ialah dengan cara membuat susasana yang kondusif dalam membaca, buku bacaan yang menarik serta sesuai sama apa yang diinginkan oleh siswa, serta peran orang tua dan guru

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kerja Sebagai Pustakawan SD

Masih Cerita Tentang : Pengalaman Kerja Sebagai Pustakawan SD Part II

Etika Profesi Pustakawan